Senin, 29 Desember 2008

PAS Mission 1: Data Pegawai

Banyak orang bilang kalo ide hebat kadang muncul saat kita bertapa di kamar mandi. Saya ndak bilang ide saya hebat, tapi ide ini memang keluar pas saya di kamar mandi. Hehehe…

Oke, apa idenya, saya akan coba memulai membangun PAS dari awal, tapi perlu diingat, bahwa semua yang saya jabarkan disini adalah pokok-pokok atawa topic-topik krusial saja yang memang perlu perhatian khusus (sekali lagi, topic krusial dan perlu perhatian khusus). Topik yang tidak dibahas disini BUKAN BERARTI BOLEH DILEWATI, tetap harus dilaksanakan seperti biasanya.

Screenshot ada disini:

Target saya, kalau Bapak/Ibu ikuti post saya mulai yang ini Insya Allah lancer dunia akhirat nikmat tiada tara. Oke, here we go.

Tujuan:

  • Melengkapi/memunculkan data pegawai

Syarat:

  • Data Dasar Pegawai (modul 3.1.1 dan 3.1.2) sudah diisi atau diimpor (cek topic Import data ke PAS)
  • Regional Setting ke English (United States)

Masalah:

  • Setelah diimpor atau dientri data dasar nya, daftar Guru tidak muncul di Daftar Guru dan pegawai (modul 3.3.1 dan 3.3.3)

Sebab Masalah:

  • Datanya kurang, Bapak/Ibu harus isikan minimal Riwayat Pangkat dan Riwayat Jabatan di modul Data Awal Guru dan Pegawai (modul 3.1.1 dan 3.1.2)

Solusi Dasar: Ya entri satu-satu atau one by one atawa siji siji

Solusi Cepat?.....IMPORT! Caranya….(eng…ing…eng…)

  1. Buka file 04_Riwayat_Pangkat dan data_pegawai sekolah Bapak/Ibu (selanjutnya saya sebut data_pegawai.xls)
  2. Kolom pertama ada kolom nip smallint, AWAS! Yang dimasukkan disitu BUKAN NIP YANG 130…, tetapi harus diambil dari table pas yaitu t_pegawai.
    1. Buka Sheet 2 di 04_Riwayat_Pangkat (sheet2.gif)
    2. Import kolom nip dan nama dari t_pegawai (cek Extract data dari PAS) (nip_name.gif)
    3. Hasilnya seperti ini (nip_name_extracted.gif)
    4. Copy kolom NIP (angkanya saja) Sheet2 ke kolom nip di Sheet1 (moving_nip.gif)
    5. Supaya Anda ndak bingung, sisipkan 1 kolom sebelah kanan kolom nip. (klik kanan huruf B, kemudian klik Insert (insert_column.gif)) Kemudian copy paste kolom NM_PEGAWAI dari Sheet2 ke kolom B di Sheet1 (moving_name.gif)
  3. Berikutnya no_urut, apakah ini? Nomor urut ini adalah nomor urut SK kenaikan pangkat yang didapat.
    Contoh: Dra. YAYU YULIATI mempunyai pangkat/gol IV/A. Ketika beliau diangkat dulu, berpangkat (misal) III/A, maka no_urut beliau adalah
      • No_urut 1 berisi data SK Pengangkatan PNS (III/A)
      • No_urut 2 SK Naik Pangkat (III/B)
      • No_urut 3 SK Naik Pangkat (III/c)
      • No_urut 4 SK Naik Pangkat (III/d)
      • No_urut 5 SK Naik Pangkat (IV/A) (mohon maaf kalo urutannya salah, karena saya bukan PNS, jadi ndak tau)
    1. Sehingga nip 1 (Dra. YAYU YULIATI) berulang 5 kali dengan no_urut 1 – 5,caranya:
      • Blok 4 baris dibawah nip 1
      • Klik kanan, pilih Insert (insert_rows.gif)
      • Copy isi baris 1 kebawah.
      • Ulangi untuk setiap pegawai sesuai dengan keadaan, 5 guru pertama,sebagai contoh akan tampil seperti gambar (no_urut.gif). Beberapa sekolah hanya memasukkan SK Pangkat terakhir sehingga no_urut nya 1 semua (no_urut_alt.gif). Tinggal pilih, pingin lengkap atau pingin gak repot ^_^.
  4. Kd_status_pegawai isikan ‘1 untuk PNS dan ‘2 untuk Non-PNS (tau cara cepatnya kan?^_^)
  5. Kd_pangkat isikan sesuai dengan pangkatnya, ingat, karena tipe data char, tambahkan tanda petik satu (‘ apostrophe) didepan angkan, contoh: ’31 untuk pangkat III/A dan ’91 untuk semua NON-PNS
  6. No_sk juga diisi seperti apa adanya, tidak ada masalah disini (berhubung saya ndak ada datanya, pake jurus Ngawuriyah ajah,dilarang meniru)
  7. Tanggal_sk diisi dengan format mm/dd/yyyy
  8. Tmt_sk diisi dengan format mm/dd/yyyy (kalo lupa, coba cek di topic Import data ke PAS)
  9. Hapus header judulnya pada baris 1 dan 2 (remove_header.gif)
  10. Hapus kolom nama (atawa kolom B) (remove_name.gif)
  11. Hasil akhir kurang lebih seperti ini (final.gif)
  12. Tekan F12, Simpan di tempat lain untuk backup
  13. Tekan F12, Simpan lagi dengan type CSV(MS-DOS) (csv_save.gif)
  14. Tutup Excel, jawab semua petanyaan dengan Yes atau OK
  15. Buka PAS-IMPORT (pas_import.gif)
  16. Masukkan Username dan Password
  17. Klik tombol sebelah kanan File
  18. Kemudian cari file 04_Riwayat_pangkat di My Documents (file_csv.gif)
  19. Next, klik tombol Import to… sebelah kanan atas
  20. Kita pilih table yang sesuai, untuk saat ini klik 05 Kepegawaian lalu pilih 04 Riwayat Pangkat
  21. Klik Import (importing.gif)
  22. Kalo sukses, muncul jendela Data selesai di import… (import_finish.gif) klik Keluar
  23. Ulangi untuk 05 Riwayat Jabatan
  24. Kalo sudah semua, cek (modul 3.3.1 dan 3.3.3) untuk lihat hasilnya (hasil.gif)

3 komentar:

  1. Assalamualaikum ww.
    Pak mohon bantuan, saya kesulitan untuk menambah mata pelajaran pada Raport. Tidak ada tempat untuk lingkungan hidup dan bahasa sunda, saya sudah tambah referensi melalui muatan local>>kemudaian mata pelajaran diajarkan>>sampai mengisi sk kd.
    Tetapi tetap tidak muncul pada entry nilai rapot.

    Saya juga sudah coba import langsung lewat tool import(dg kode mata pelajaran yg sudah disesuaikan) juga tidak bisa.

    Usaha terakhir saya, menambah referensi sendiri dg masuk melalui phpmyadmin.
    >>menambah kelompok mata di R_kel_matapelajaran
    >>kemidian menambah R_mata_pelajaran-diajarkan
    >>terakhir menambah R_program_matpel
    tetapi tetap tdk bisa, kenapa ya...........

    mohon bantuannya pak, soalnya segera naik cetak nih pak raportnya....

    BalasHapus
  2. Prefix nya mesti 16
    Kemudian coba cek sudah di set diajarkan belum, saya lupa menunya, coba call saya pagi hari

    BalasHapus
  3. gimana caranya memunculkan daftar siswa, padahal semua data siswa sdh diinput dalam aplikasi, tapi tidk terbaca ketika cetak daftar, grafik siswa. tolong informasinya, lewat sms boleh (085399505355) or via email ( ancuku1@yahoo.com )
    makasih banyak sebelumnya, salam hormat MANSUR (opr. SMAN 2 CAMBA MAROS, prop. SUL-SEL)

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
Saya mendalami komputer dan apapun yang terkait dengannya. Mengenai PAS, suatu karya yang patut diapresiasi. Program komplit nan gratis. Banyak yang bilang PAS susah, saya bilang tidak susah kalo baca manual. Banyak yang bilang manualnya gak urut. Nah, ini...sekarang saya urutkan...masih bilang PAS susah? silahkan bagi dengan saya susah yang mana, kalo saya ndak bisa...ya emang susah hehehehe. Saat ini saya sedang berusaha bikin PAS onlen. Semoga bisa cepet jadi sambil belajar ^_^. Bagi yang baru dengan PAS, donlot aja semua. Training Online untuk PAS SMP dapat dilihat di http://pas-smp.blogspot.com Any Comment? Silahkan email zee.alfa@gmail.com