Kamis, 18 Desember 2008

Extract data dari PAS bagian 1

Salah satu kelebihan PAS adalah Anda dapat mengakses database PAS (pas_sma) dan menggunakannya untuk keperluan lain. Yang paling sering adalah bagaimana cara untuk mengambil data PAS ke Excel. Nah, kita akan coba.
Seperti biasa, file image dari screenshot tampilan layar saya zip dan download
Untuk Excel 2003
  1. Buka Excel
  2. Klik Data – Import External Data – New Database Query
  3. Pilih pas_sma (cds.gif)
  4. OK maka akan muncul daftar table

Untuk Excel 2007
  1. Buka Excel
  2. Klik menu Data
  3. Klik From Other Resources pada ribbon (ext_source.gif)
  4. Klik From Microsoft Query (cds.gif)
  5. Pilih Pas_sma, OK maka akan muncul daftar table
Untuk menentukan table mana yang Anda inginkan, maka Anda perlu memperhatikan nama table tersebut;
  • Tabel dengan prefix r_ adalah table referensi misalnya r_pangkat, biasanya table-table ini sudah ada isinya ketika diinstal, namun ada pula yang harus diisi oleh sekolah ketika pertama kali Install, contohnya table r _asal_sekolah yang berisi sekolah setingkat SMP asal siswa.
  • Tabel dengan prefix t_ adalah table yang berisi data masukan. Data pokok siswa ada di t_siswa sedangkan guru dan pegawai ada di t_pegawai
Selanjutnya (Excel 2003 dan 2007):
  1. Pilih table yang diinginkan, contoh r _asal_sekolah, klik panah kanan (>) (table_list.gif)
  2. Klik Next
  3. BErikutnya adalah jendela untuk memfilter data, disini Anda bisa menyaring data mana saja yang akan ditampilkan, klik Next (filter.gif)
  4. Berikutnya Anda dapat memilih pengurutan berdasarkan filed tertentu, Next lagi (sort.gif)
  5. Finish (query.gif)
  6. Kemudian Anda dapat menentukan dimana data hasil extract akan diletakkan, klik OK (import.gif)
  7. Beres, data siap digunakan (finish.gif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Saya mendalami komputer dan apapun yang terkait dengannya. Mengenai PAS, suatu karya yang patut diapresiasi. Program komplit nan gratis. Banyak yang bilang PAS susah, saya bilang tidak susah kalo baca manual. Banyak yang bilang manualnya gak urut. Nah, ini...sekarang saya urutkan...masih bilang PAS susah? silahkan bagi dengan saya susah yang mana, kalo saya ndak bisa...ya emang susah hehehehe. Saat ini saya sedang berusaha bikin PAS onlen. Semoga bisa cepet jadi sambil belajar ^_^. Bagi yang baru dengan PAS, donlot aja semua. Training Online untuk PAS SMP dapat dilihat di http://pas-smp.blogspot.com Any Comment? Silahkan email zee.alfa@gmail.com