Senin, 22 Desember 2008

Apa yang harus disiapkan sebelum BINTEK-PAS?

 
Hari ini, saya ditelepon SMA Negeri 1 Kebumen. Beliau minta saya memberi BINTEK-PAS disana. Bagusnya, seperti biasa pertanyaan yang saya nanti selalu berulang setiap kali Bintek akan dimulai. Terus terang saja, ketidak siapan sekolah akan data sangat mempengaruhi kelancaran BINTEK.
Nah, supaya lancer maka silahkan dicek daftar berikut sebelum sekolah Anda didatangi/mendatangkan personal untuk BINTEK. Segala data ini wajib ada kecuali kalau dibilang optional (disediakan bila ada).

Data yang dibutuhkan saat BINTEK
  1. Kalender Akademik
  2. Jadwal Pelajaran
  3. Daftar Asal SMP pendaftar dari luar kab/kota (luar propinsi dan luar negeri juga termasuk, disiapkan hanya bila ada siswa yang berasal dari luar kab/kota)
  4. Daftar Asal SMA siswa pindahan dari luar kab/kota (optional)
  5. Kurikulum MULOK (optional)
  6. Sanksi pelanggaran siswa(optional)
  7. Data ruangan sekolah (termasuk luas dan kapasitas)
  8. Data identitas Sekolah (awal berdiri, kegiatan, dan saldo awal)
  9. Jenis Pembayaran Siswa (misalnya SPP, Iuran Internet,dll)
  10. Data profil Kepsek, Guru, dan Pegawai (plus foto format JPG yang sudah diberi nama file sesuai dengan NIP, misalnya 131001009.jpg)
  11. Riwayat pangkat dan jabatan Kepsek, Guru, dan Pegawai (termasuk Tgl, no SK, TMT, dan sejenisnya, biasanya sudah dalam bentuk file Excel)
  12. SK sekolah
  13. Data lengkap SISWA (minimal 1 angkatan, termasuk NEM SMP bila ada)
  14. Daftar Absensi dan wali kelas
  15. Nilai Semester terakhir
  16. Mata Anggaran Keuangan sekolah (optional)
  17. Pengeluaran dan Pemasukan sekolah (optional)
Data yang dibutuhkan PAS tetapi harus ditambahkan setelah BINTEK
  1. Properti tanah sekolah
  2. Perlengkapan/Inventaris sekolah (computer, mesin ketik, dsj)
  3. Data pemakaian/rekening listrik
  4. Jumlah buku
  5. Alat-alat pendukung pengajaran
  6. Data penataran yang pernah diikuti Guru/Pegawai(optional)
  7. Data keluarga Kepsek, Guru, dan Pegawai
  8. Data riwayat Pendidikan Kepsek, Guru, dan Pegawai
  9. Data penataran Kepsek, Guru, dan Pegawai (optional)
  10. Riwayat Mengajar Kepsek dan Guru (mengajar pelajaran apa dan mulai tahun berapa)
  11. Data kebutuhan Guru
Mungkin ada yang kurang yah? Tetapi kalau untuk saya ya itulah daftar data yang mesti ada. Kalo data-data tersebut ada, pasti Nikmat tiada tara, karena pembangunan data PAS, bisa wez, wez, wez
Selamat ber BINTEK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Saya mendalami komputer dan apapun yang terkait dengannya. Mengenai PAS, suatu karya yang patut diapresiasi. Program komplit nan gratis. Banyak yang bilang PAS susah, saya bilang tidak susah kalo baca manual. Banyak yang bilang manualnya gak urut. Nah, ini...sekarang saya urutkan...masih bilang PAS susah? silahkan bagi dengan saya susah yang mana, kalo saya ndak bisa...ya emang susah hehehehe. Saat ini saya sedang berusaha bikin PAS onlen. Semoga bisa cepet jadi sambil belajar ^_^. Bagi yang baru dengan PAS, donlot aja semua. Training Online untuk PAS SMP dapat dilihat di http://pas-smp.blogspot.com Any Comment? Silahkan email zee.alfa@gmail.com