Selasa, 04 September 2012

SIKAD Versi 2

Assalamualaikum wr. wb. Mumpung masih syawal Izinkan saya mengucapkan selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir bathin. Setelah sebulan versi Beta dirilis, saat ini kami merilis versi Finalnya. Banyak fitur yang ditambahkan setelah rilis versi Beta sebagai hasil dari request para sekolah mitra. SIKAD Integrated saat ini terdiri dari 5 Aplikasi yg berbasis PAS, yaitu: 1. Sistem Akademik, Operasional akademik, seperti perekaman proses KBM, penilaian, presensi, dan SMS Center 2. Konseling, Modul perekaman bimbingan konseling. Sekaligus meliputi prestasi, pelanggaran dan hal hal lain yang berkaitan dengan perkembangan siswa 3. Perpustakaan, Modul perpustakaan dengan fasilitas cetak barcode, operasional peminjaman dan pengembalian, perekaman pengunjung, dan laporan-laporan terintegrasi lain. 4. Tata Usaha, Modul untuk pembayaran iuran siswa, pengaturan data siswa dan pegawai, pelaporan kehadiran guru dan pegawai melalui mesin pencatat kehadiran, dan pencatatan keuangan sekolah. 5. PPDB Online, Melaksanakan proses penerimaan siswa baru dengan sistem Online, sehingga mempersingkat proses dan input data Serta 3 Aplikasi tambahan yang disertakan sebagai nilai tambah untuk server sekolah, yaitu: 1. E-learning 2. Webmail 3. Blog untuk guru Sikad kali ini menitik beratkan pada memaksimalkan penggunaan PAS dalam operasional sekolah sehari-hari, sehingga berbagai modul tadi telah dibuat spesifik untuk masing-masing entitas, baik kepala sekolah, guru, BK, staf TU dan orang tua siswa. Paket Kerjasama yang ditawarkan adalah sistem kontrak 1 tahun, sedangkan bagi yang hanya menginginkan SIKAD saja tanpa aplikasi lain dapat menggunakan SIKAD Lite (berisi Sistem akademik saja) dengan harga yang lebih terjangkau dan tanpa kontrak, atau menunggu SIKAD Free rilis (Insya Allah) bulan depan. Pada kesempatan ini pula saya menyampaikan alamat website baru Sistem Akademik yaitu www.sistem-akademik.net Untuk demo site kami sediakan di http://sma.sistem-akademik.net dengan NIP dan password yang kami sediakan di www.sistem-akademik.net. Screenshot aplikasi akan kami upload di Facebook dan di website. Apabila ada pertanyaan, dapat menghubungi kami di panjipoenakawan@gmail.com Semoga sukses Wassalamualaikum

Jumat, 08 Juni 2012

Tutorial PAS versi 6.1

Assalamualaikum wr.wb. Hari ini saya berkesempatan untuk mencoba PAS versi 6.1. Ternyata buanyaaaak banget perubahannya dan makin komplit. Namun, ternyata ada beberapa rekan yang masih kesulitan. Berhubung setelah saya cek Tutorial PAS Mission yang saya buat lebih dari setaun lalu udah ndak valid. Ya saya memutuskan untuk membantu rekan-rekan yang bertanya sekaligus membuatkan tutorial. Seperti biasa silahkan di backup dulu. SIKAD free V2 akan muncul sebentar lagi ^_^ Manual ada di hatetepe://manualsikad(dot)4shared(dot)com Semoga sukses Wassalam

Selasa, 22 Mei 2012

Pengumuman UAN Online

Assalamualaikum wr. wb. Hari Sabtu lalu saya baru menyelesaikan satu fasilitas baru untuk pengguna SIKAD. Yaitu pengumuman UAN Online. Ide awalnya memang untuk membuat siswa dapat mengakses pengumuman kelulusan dari website. Ternyata disaat yang sama, add on tersebut mampu untuk mengisi nilai NEM yang ada di PAS, menyiapkan data untuk mail merge pembuatan SKL/SHUN sementara, menganalisa nilai, dll yang mungkin bakal kepikiran di kemudian hari. Add on telah terpasang di semua client SIKAD, manual juga sudah diemail. Terima kasih buat semua sekolah yang mempercayakan penanganan servernya kepada kami. Apabila ada pertanyaan silahkan via Japri. Wassalam

Minggu, 06 Mei 2012

Absensi + SMS

Assalamualaikum

Tambahan baru....

Beberapa hari yang lalu ada rekan yang minta untuk menambahkan modul pengiriman SMS di sistem absensi yang saya rilis 20 April lalu.

Alhamdulillah gak sampe setengah jam beres. Cuma ada beberapa hal yang ternyata harus mendapat perhatian khusus, karena saya pake SMS Center di Server saya. Sehingga...

  1. Script gratis, tapi SMS nya bayar.
  2. SMS yang diterima ortu adalah SMS dengan pengirim Nama Sekolah (bukan nomor). Jadi penerima SMS tidak terpotong pulsa. Berkaitan dengan ini pula, sekolah harus membuat surat keterangan untuk pembuatan ID.
  3. Untuk dapat menggunakan ini Anda harus register SMS Center, biaya register gratis, kecuali XL. Untuk XL registernya Rp 2juta. Apabila tidak meregister XL, maka ortu pengguna XL akan menerima SMS dengan pengirim Public Info (bukan nama sekolah).
  4. Pengguna sistem absensi sebelumnya TIDAK DAPAT menggunakan script ini, karena script ini mengirim SMS ketika siswa melakukan presensi dan ketika Anda menentukan kehadiran. Sehingga kalo dipaksa sistem absensi Anda akan halt.
  5. Tidak ada link download, patch akan saya kirim setelah registrasi disetujui beserta username dan password.
  6. Bagi rekan yang kemaren sudah registrasi SMS nya, akan saya kirimkan lagi sistem absensi yang sudah dilengkapi SMS Center (terima kasih)

Kalau masih ada pertanyaan atau sekedar pengen tau SMS nya kayak apa, silahkan hubungi saya melalui japri..oh iya japri itu Jaringan Pribadi (YM, FB, SMS, telpon, dsb) ^_^

Wassalam.

Kamis, 19 April 2012

Sistem Absensi Free

Assalamualaikum wr. wb. Selamat hari Jumat. Oke, untuk modul Sistem Absensi sudah bisa dinikmati Silahkan download di Link Download Mohon di baca dulu panduannya, kalau ada pertanyaan silahkan hubungi saya di Japri. Terima kasih, wassalam

Minggu, 15 April 2012

Absensi Barcode untuk PAS

Assalamualaikum
Pada sibuk UAN rekan2 pendidik semua? Semoga lancar.
Oke, pada hari Sabtu kemaren ada chat masuk meminta modul untuk absensi PAS tapi pake Barcode reader. Sampe-sampe beliau rela bayar. Wuah terima kasih Pak. Nah, kemaren sore sudah beres dan hari ini saya running Alhamdulillah lancar.
Saya (tetep) berniat bagi modul ini gratis, tapi saya nunggu konfirmasi dari Pak Dermawan tersebut, kalo boleh saya bagikan gratis ya saya bagikan gratis, klo gak boleh ya berarti saya harus pasang nomer rekening ^_^. Semoga aja boleh.
Btw, alurnya simpel,
1. Siswa absensi melalui dengan interface yang dapat menerima masukan NIS (dengan) mengetik, atau scan barcode. Apabila benar, maka fotonya akan muncul dan teks yang menjelaskan status kehadirannya juga ditampilkan.
2. Admin, masuk melalui alamat yang berbeda, dilindungi dengan NIP dan password. Setelah itu beliua dapat:
a. Menampilkan siswa hadirin dan hadirot
b. Memproses siswa yang tidak melakukan presensi dengan pilihan:
1. Sakit => Masuk ke DB PAS
2. Izin => Masuk ke DB PAS
3. Alpa => Masuk ke DB PAS
4. Terlambat (bila ternyata masuk tapi tidak melakukan presensi) masuk ke tabel kehadiran
c. Mensetting Jam Masuk atau libur per angkatan
Modul ini bisa dikembangkan dengan SMS maupun report Excel dan Chart. Tapi saya lihat perkembangan dulu aja. Ternyata saya kalo dibayar kerjanya cepet hehehehe...
Oke, untuk trial. Anda bisa masuk ke
http://sikad.smayphb.net/absensi
kemudian NIS siswa yang bisa di coba 091010101 dst.
Kemudian untuk admin bisa masuk ke
http://sikad.smayphb.net/absensi/admin
NIP: yphb99 password:centurion1@
Skrinshut akan saya buat di Album
Bagi yang pengen tanya-tanya, silahkan hubungi saya via Japri, seperti biasa.
Semoga siswanya lulus semua 100%
Wassalamualaikum wr wb.

Selasa, 28 Februari 2012

Tutorial 1: Membuat aplikasi Entri Nilai PAS

Assalamualaikum wr wb
Saya akan memulai suatu seri Tutorial membuat aplikasi WEB berdasarkan PAS. Kenapa gak mengupdate SIKAD free? karena di SIKAD Free saya mencoba untuk mengembangkan DB PAS menjadi DB yang ideal (menurut saya) untuk suatu aplikasi web dengan menambahkan beberapa tabel tambahan object lain. Tapi yang ini, saya bener-bener membimbing Anda dari nol untuk membuat aplikasi Web sendiri dengan kondisi PAS yang ada tanpa nambahin tabel ato object lain.
Berawal dari seorang rekan yang enggan pake SIKAD free karena pengen diajari bikin aplikasi web untuk ngisi PAS dari nol. Nah, ini saya kasih. Silahkan diikuti.
Kalo ada yang salah mohon dikoreksi karena saya juga masih dalam tahap belajar, saya bukan pengen sok pinter tapi hanya ingin berbagi. Seri ini Insya Allah terus berlanjut, sesuai permintaan. Silahkan...
Wassalam
Nama File tutorialpas.rar
Download di: http(://)www(dot)4shared(dot)com(/)rar(/)jnxYwSj0(/)tutorialpas(dot)html

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya mendalami komputer dan apapun yang terkait dengannya. Mengenai PAS, suatu karya yang patut diapresiasi. Program komplit nan gratis. Banyak yang bilang PAS susah, saya bilang tidak susah kalo baca manual. Banyak yang bilang manualnya gak urut. Nah, ini...sekarang saya urutkan...masih bilang PAS susah? silahkan bagi dengan saya susah yang mana, kalo saya ndak bisa...ya emang susah hehehehe. Saat ini saya sedang berusaha bikin PAS onlen. Semoga bisa cepet jadi sambil belajar ^_^. Bagi yang baru dengan PAS, donlot aja semua. Training Online untuk PAS SMP dapat dilihat di http://pas-smp.blogspot.com Any Comment? Silahkan email zee.alfa@gmail.com